Sabtu, 15 Mei 2021

 

Oleh karena itu,  menurut anda:

  1. FAKTOR-FAKTOR APA YANG HARUS DIPERHATIKAN OLEH PEMASAR SAAT PENETAPAN HARGA?

A.      KONDISI PEREKONOMIAN
Tingkat harga yang berlaku sangat di pengaruhi oleh kondisi perekonomian. Pada periode resesi misalnya, harga berada pada suatu tingkat yang rendah. Di Indonesia, ketika pemerintah mengumumkan pertama kali tentang devaluasi rupiah terhadap dolar amerika.

B.      PENAWARAN DAN PERMINTAAN
Permintaan adalah sejumlah barang yang di beli oleh pembeli pada suatu tingkat harga tertentu. Pada umumnya tingkat harga lebih rendah akan mengakibatkan jumlah yang diminta ( kuantitas ) menjadi lebih besar.
Penawaran merupakan kebalikan dari permintaan, yaitu suau jumlah yang ditawarkan oleh penjual pada suatu tingkat harga tertentu. Pada umumnya, harga yang lebih tinggi mendoorong jumlah yng dotawarkan menjadi lebih besar.

C.      ELASTISITAS PERMINTAAN
Faktor lain yang dapat mempengaruhi penentuan harga adalah sifat permintaan pasar. Sebenarnya sifat permintaan pasar ini tidak hanya memepengaruhi penentua harganya tetapi juga mempengaruhi volume yang dapat di jual.

D.      PERSAINGAN
Harga jual bebrapa macam barang sering dipengaruhi oleh keadaan persaingan yang ada.barang barang dari hasil pertanian misalnya di jual dalam keadaan persaingan murni
( pure competition ).


E.       BIAYA
Biaya merupakan dasar dalam penentuan harga, sebab suatu tingkat harga yang tidak dapat menutup biaya akan mengakibatkan kerugian. Sebaliknya, apabila suatu tingkat harga melebihi semua biaya, baik biaya produksi, biaya operasi maupun biaya non operasi, akan menghasilkan keuntungan.

F.       TUJUAN PERUSAHAAN
Penetapan suatu harga sering dikaitkan dengan tujuan tujuan yang akan dicapai. Setiap perusahaan tidak selalu mempunyai tujuan yang sama dengan perusahaan lainnya.

G.     PENGAWASAN PEMERINTAH
Pengawasan pemerintah juga merupakan faktor penting dalam penentuan harga. Pengawasan pemerintah tersebut dapat di wujudkan dalam bentuk : penetuan harga maksimum,minuman atau harga tertentu (gabah, jasa angkutan, bahan bakar minyak, bunga pinjaman),diskriminasi harga (iuran listrik), serta praktek praktek lain yang medorong atau usaha usaha kea rah monopoli seperti pengenaan pajak yang tinggi atau pembebasan pajak sama sekali.

 

  1. ANALISIS DAMPAK EKONOMI YANG DIAKIBATKAN OLEH STRATEGI PENETAPAN HARGA YANG DILAKUKAN OLEH PERUSAHAAN!

     Penetapan harga suatu produk tertentu menjadi acuan bagi perusahaan dalam proses produksi sehingga bisa ditentukan besaran jumlah barang yang akan diproduksi oleh sebuah perusahaan. Dengan adanya strategi penetapan harga, maka seorang konsumen tentunya juga dapat melihat faktor yang mempengaruhi besaran nilai harga tersebut.

     Dengan menerapkan harga yang sesuai dan pas, tentunya akan lebih mempermudah sebuah perusahaan dalam bersaing dengan pesaing atau kompetitornya. dalam menentukan harga Jual juga harus bisa sesuai dengan nilai yang diberikan dan dapat diterima oleh kalangan konsumen. Sebab jika harga yang Anda berikan terlalu tinggi dari pada nilai yang diterima oleh konsumen, maka perusahaan kemungkinan akan kehilangan konsumen. Sedangkan jika harga yang Anda tetapkan terlalu rendah dari pada nilai yang diterima, maka perusahaan Anda kemungkinan tidak akan berhasil dalam mendapatkan laba. ketika perusahaan menetapkan harga tinggi, konsumen akan bereaksi dua hal yaitu membeli agar tingkat kepuasan mereka tetap terpenuhi atau konsumen akan mengurangi pembeliannya dan beralih ke barang lain hal ini akan mengurangi daya beli masyarakat dan memilih menabung. Ketika harga rendah, konsumen akan membeli dengan jumlah yang banyak, dan dapat meningkatkan permintaan dalam pasar, lalu menaikkan harga ketika persediaan barang mulai menipis.


sumber : EKMA4216
https://tectuskin.blogspot.com/2021/05/oleh-karena-itu-menurut-anda-faktor.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

z
t
r
A
a
k
i
d
n
A