Oleh karena itu, menurut anda:
- FAKTOR-FAKTOR
APA YANG HARUS DIPERHATIKAN OLEH PEMASAR SAAT PENETAPAN HARGA?
A.
KONDISI PEREKONOMIAN
Tingkat harga yang berlaku sangat di pengaruhi
oleh kondisi perekonomian. Pada periode resesi misalnya, harga berada pada
suatu tingkat yang rendah. Di Indonesia, ketika pemerintah mengumumkan pertama
kali tentang devaluasi rupiah terhadap dolar amerika.
B.
PENAWARAN DAN PERMINTAAN
Permintaan adalah sejumlah barang yang di beli
oleh pembeli pada suatu tingkat harga tertentu. Pada umumnya tingkat harga
lebih rendah akan mengakibatkan jumlah yang diminta ( kuantitas ) menjadi lebih
besar.
Penawaran merupakan kebalikan dari permintaan,
yaitu suau jumlah yang ditawarkan oleh penjual pada suatu tingkat harga
tertentu. Pada umumnya, harga yang lebih tinggi mendoorong jumlah yng
dotawarkan menjadi lebih besar.
C.
ELASTISITAS PERMINTAAN
Faktor lain yang dapat mempengaruhi penentuan
harga adalah sifat permintaan pasar. Sebenarnya sifat permintaan pasar ini
tidak hanya memepengaruhi penentua harganya tetapi juga mempengaruhi volume
yang dapat di jual.
D.
PERSAINGAN
Harga jual bebrapa macam barang sering dipengaruhi
oleh keadaan persaingan yang ada.barang barang dari hasil pertanian misalnya di
jual dalam keadaan persaingan murni
( pure competition ).
E.
BIAYA
Biaya merupakan dasar dalam penentuan harga, sebab
suatu tingkat harga yang tidak dapat menutup biaya akan mengakibatkan kerugian.
Sebaliknya, apabila suatu tingkat harga melebihi semua biaya, baik biaya
produksi, biaya operasi maupun biaya non operasi, akan menghasilkan keuntungan.
F.
TUJUAN PERUSAHAAN
Penetapan suatu harga sering dikaitkan dengan
tujuan tujuan yang akan dicapai. Setiap perusahaan tidak selalu mempunyai
tujuan yang sama dengan perusahaan lainnya.
G.
PENGAWASAN PEMERINTAH
Pengawasan pemerintah juga merupakan faktor
penting dalam penentuan harga. Pengawasan pemerintah tersebut dapat di wujudkan
dalam bentuk : penetuan harga maksimum,minuman atau harga tertentu (gabah, jasa
angkutan, bahan bakar minyak, bunga pinjaman),diskriminasi harga (iuran
listrik), serta praktek praktek lain yang medorong atau usaha usaha kea rah
monopoli seperti pengenaan pajak yang tinggi atau pembebasan pajak sama sekali.
- ANALISIS
DAMPAK EKONOMI YANG DIAKIBATKAN OLEH STRATEGI PENETAPAN HARGA YANG
DILAKUKAN OLEH PERUSAHAAN!
Penetapan harga suatu produk tertentu menjadi acuan bagi perusahaan
dalam proses produksi sehingga bisa ditentukan besaran jumlah barang yang akan
diproduksi oleh sebuah perusahaan. Dengan adanya strategi penetapan harga, maka
seorang konsumen tentunya juga dapat melihat faktor yang mempengaruhi besaran
nilai harga tersebut.
Dengan menerapkan harga yang sesuai dan pas, tentunya akan lebih
mempermudah sebuah perusahaan dalam bersaing dengan pesaing atau kompetitornya. dalam
menentukan harga Jual juga harus bisa sesuai dengan nilai yang diberikan dan
dapat diterima oleh kalangan konsumen. Sebab jika harga yang Anda berikan
terlalu tinggi dari pada nilai yang diterima oleh konsumen, maka perusahaan
kemungkinan akan kehilangan konsumen. Sedangkan jika harga yang Anda tetapkan
terlalu rendah dari pada nilai yang diterima, maka perusahaan Anda kemungkinan
tidak akan berhasil dalam mendapatkan laba. ketika perusahaan menetapkan harga tinggi, konsumen
akan bereaksi dua hal yaitu membeli agar tingkat kepuasan mereka tetap
terpenuhi atau konsumen akan mengurangi pembeliannya dan beralih ke barang lain
hal ini akan mengurangi daya beli masyarakat dan memilih menabung. Ketika harga
rendah, konsumen akan membeli dengan jumlah yang banyak, dan dapat meningkatkan
permintaan dalam pasar, lalu menaikkan harga ketika persediaan barang mulai
menipis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar