1. SEBUTKAN
SALAH SATU CONTOH MEREK PRODUK YANG ANDA KETAHUI BERADA DI TAHAP KEDEWASAAN
SAAT INI! JELASKAN MENGAPA DEMIKIAN !
2. APA
YANG HARUS DILAKUKAN PERUSAHAAN, AGAR PRODUK TERSEBUT BERLANGSUNG LAMA PADA
TAHAPAN KEMATANGAN? JELASKAN ALASAN ANDA !
Jawab
:
1. KFC (Kentucky Fried Chicken)
Di Indonesia, KFC
adalah rantai restoran barat terbesar, dengan 466 outlet pada Desember 2013.
Rantai telah tumbuh untuk memegang pangsa pasar diperkirakan 32 persen, dan
item menu termasuk spageti, wrap dan bubur ayam. Pemilik warabala adalah PT
Fastfood Indonesia.
Gerai
pertama dibuka di Jakarta pada tahun 1979. Salim Group, Konglomerat terbesar di
Indonesia, menjadi pemegang saham utama pada tahun 1990, yang memberi
perusahaan dana untuk ekspansi besar. Pemilik warabala-nya, PT Fastfood
Indonesia, terdaftar secara publik di Bursa Efek Indonesia pada tahun 1993.
Awalnya
KFC hanya menyediakan hidangan berupa ayam goreng, kentang goreng, burger, dan
soft drink. Seiring dengan perkembangan jaman, permintaan masyarakat perkotaan
akan variasi makanan meningkat. Hal tersebut membuat KFC melakukan inovasi pada
produknya, dan menyediakan menu-menu terbaru seperti salad, oriental bento,
chicken fillet, cream soup, puding, dll. Untuk layanannya, KFC menyediakan menu
breakfast yang bisa dibeli dengan drive-thru sehingga konsumen dapat menikmati
sarapannya di mobil atau di kantornya
Di KFC,
promosi dan iklan adalah alat utama untuk membawa semua pecinta ayam lezat
untuk menuju pada produk ayam goring, selain itu Kualitas produk juga merupakan
suatu faktor penting yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian suatu
produk atau jasa.
2. Agar
produk berlangsung lama maka di perlukan usaha seperti berikut :
·
Memodifikasi pasar (mencari
pembeli baru & segmen pasar baru, menaikkan penggunaan diantara pelanggan,
dan memperbaiki kembali posisi mereknya untuk mencapai penjualan yang lebih
besar).
·
Memodifikasi produk
(perbaikan kualitas, perbaikan fitur, dan perbaiksn corak/style).
·
Memodifikasi bauran
pemasarannya (menurunkan harga untuk menarik segmen baru, mengadakan periklanan
yang lebih menarik, dan mengalihkan jalur distribusinya jalan distribusi yang
lebih menguntungkan).
·
Strategi Marketing iklan
yang menarik dan untuk semua golongan dari dewasa hingga anak-anak
Sumber :
BMP EKMAE4216
https://id.wikipedia.org/wiki/KFC
Tidak ada komentar:
Posting Komentar