Sabtu, 15 Mei 2021

 

BERIKAN PENJELASAN TERKAIT PENJELASAN PADA MODUL 7 DARI BMP HALAMAN 7.30, TERKAIT TIGA METODE YANG DAPAT DIGUNAKAN DALAM MENJADWAL PERMINTAAN PELANGGAN. SAMPAIKAN ARGUMENTASI TERBAIK ANDA DAN BERIKAN CONTOH NYATANYA.

 

Tiga metode yang dapat digunakan dalam menjadwal permintaan pelanggan :

METODE JANJI TEMU (APPOINTMENT)
Metode ini biasanya digunakan oleh perusahaan jasa yang mana sifat pelayanannya lebih spesifik dan personal seperti dokter, dokter gigi, ahli hukum, layanan psikiater, kantor pengacara, jasa arsitek, jasa konsultan dan lain-lain.
Dengan penggunaan metode janji temu, pemberi jasa bisa mengalokasikan waktu dan kompetensi pelayanan dengan maksimal. Pelanggan pun bisa mendapatkan ketepatan pelayanan dan kepuasan sesuai dengan jenis layanan yang diinginkan. Namun apabila terjadi ketidaksesuaian layanan secara kualitas maupun tidak tepat waktu, maka akan menyebabkan menurunnya tingkat kepuasan pelanggan dan mempengaruhi kelanjutan dari pemberian jasa itu sendiri.
Keunggulan : Pelayanan pelanggan yang tepat waktu dan penggunaan personel pelayanan yang tinggi.

Contoh : Pak Andika memiliki masalah pada giginya sehingga tiap bulan harus kontrol ke dokter gigi, karena jadwal dokter gigi yang padat pak Jimin harus membuat janji kepada dokter gigi kapan bisa bertemu.

RESERVASI ATAU PEMESANAN (RESERVATION)
Metode reservasi atau pemesanan memiliki kemiripan dengan metode appointment namun penggunaannya lebih kepada pemesanan kamar hotel, restoran, penerbangan, pemesanan tiket konser, film, dan lain-lain. Dengan adanya pemesanan terlebih dahulu, maka perusahaan bisa memperkirakan penggunaan sumberdaya sehingga lebih efisien. Namun, beberapa perusahaan membutuhkan pembayaran dimuka untuk metode ini sebagai jaminan pemesanan konsumen.
Keunggulan : Efisiensi penggunaan peralatan dalam pelayanan. Reservasi juga membutuhkan beberapa pembayaran di muka sehingga dapat mengurangi permasalahan tidak membayar pelayanan yang telah diterima.

Contoh : Seorang Kpopers ingin menonton konser idolanya, karena tempat pembelian tiket jauh maka Ia melakukan pemesanan melalui website resmi dari agensi idol tersebut, dan membayar melalui transfer.


METODE PENUNDAAN (BACKLOG)
Metode ini paling tepat digunakan pda jasa perbaikan televisi atau peralatan rumah tangga lain, bank, rumah makan, atau pelayanan lain yang menggunakan antrean. Pada pelayanan tersebut, waktu penyelesaian pekerjaan ditentukan terlebih dahulu, kemudian pnyedia jasa akan memesankan komponen-komponen yang diperlukan (penjadwalan mundur).
Sistem antrian memiliki manfaat bagi konsumen maupun bagi pemberi pelayanan. Manfaat tersebut diantaranya sebagai berikut :
• Antrian membuat konsumen tidak perlu berbaris menunggu untuk dilayani, dan memberikan kepuasan serta kenyamanan kepada konsumen.
• Antrian secara langsung bermanfaat untuk meningkatkan bonafilitas perusahaan sekaligus menunjukkan keseriusan juga profesionalitas dalam menangani konsumen.
• Antrian dapat menjadikan kinerja karyawan lebih efisien.

Contoh :
Pada jasa perbaikan/service televisi yang berada di wilayah Kota Bekasi. Dalam melayani pelanggannya, Perusahaan tersebut menggunakan penjadwalan mundur, artinya pelanggan yang pertama datang akan dilayani terlebih dahulu (antrean), kemudian bos perusahaan tersebut menentukan kapan akan diselesaikan pekerjaan tersebut dengan mempertimbangkan kapabilitas karyawan dan jumlah karyawan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Sumber: EKMA4215/Modul
https://tectuskin.blogspot.com/2021/05/berikan-penjelasan-terkait-penjelasan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

z
t
r
A
a
k
i
d
n
A