BERIKAN PENJELASAN TERKAIT PENJELASAN PADA MODUL 7 DARI
BMP HALAMAN 7.30, TERKAIT TIGA METODE YANG DAPAT DIGUNAKAN DALAM MENJADWAL
PERMINTAAN PELANGGAN. SAMPAIKAN ARGUMENTASI TERBAIK ANDA DAN BERIKAN CONTOH
NYATANYA.
Tiga metode yang
dapat digunakan dalam menjadwal permintaan pelanggan :
METODE JANJI TEMU
(APPOINTMENT)
Metode ini biasanya digunakan oleh perusahaan jasa yang mana sifat pelayanannya
lebih spesifik dan personal seperti dokter, dokter gigi, ahli hukum, layanan
psikiater, kantor pengacara, jasa arsitek, jasa konsultan dan lain-lain.
Dengan penggunaan metode janji temu, pemberi jasa bisa mengalokasikan waktu dan
kompetensi pelayanan dengan maksimal. Pelanggan pun bisa mendapatkan ketepatan
pelayanan dan kepuasan sesuai dengan jenis layanan yang diinginkan. Namun
apabila terjadi ketidaksesuaian layanan secara kualitas maupun tidak tepat
waktu, maka akan menyebabkan menurunnya tingkat kepuasan pelanggan dan mempengaruhi
kelanjutan dari pemberian jasa itu sendiri.
Keunggulan : Pelayanan pelanggan yang tepat waktu dan penggunaan personel
pelayanan yang tinggi.
Contoh : Pak Andika memiliki masalah pada
giginya sehingga tiap bulan harus kontrol ke dokter gigi, karena jadwal dokter
gigi yang padat pak Jimin harus membuat janji kepada dokter gigi kapan bisa
bertemu.
RESERVASI ATAU
PEMESANAN (RESERVATION)
Metode reservasi atau pemesanan
memiliki kemiripan dengan metode appointment namun penggunaannya lebih kepada
pemesanan kamar hotel, restoran, penerbangan, pemesanan tiket konser, film, dan
lain-lain. Dengan adanya pemesanan terlebih dahulu, maka perusahaan bisa
memperkirakan penggunaan sumberdaya sehingga lebih efisien. Namun, beberapa
perusahaan membutuhkan pembayaran dimuka untuk metode ini sebagai jaminan
pemesanan konsumen.
Keunggulan : Efisiensi penggunaan peralatan dalam pelayanan. Reservasi juga
membutuhkan beberapa pembayaran di muka sehingga dapat mengurangi permasalahan
tidak membayar pelayanan yang telah diterima.
Contoh : Seorang Kpopers ingin menonton konser idolanya, karena tempat
pembelian tiket jauh maka Ia melakukan pemesanan melalui website resmi dari
agensi idol tersebut, dan membayar melalui transfer.
METODE PENUNDAAN (BACKLOG)
Metode ini paling tepat digunakan pda jasa
perbaikan televisi atau peralatan rumah tangga lain, bank, rumah makan, atau
pelayanan lain yang menggunakan antrean. Pada pelayanan tersebut, waktu
penyelesaian pekerjaan ditentukan terlebih dahulu, kemudian pnyedia jasa akan
memesankan komponen-komponen yang diperlukan (penjadwalan mundur).
Sistem antrian memiliki manfaat bagi konsumen
maupun bagi pemberi pelayanan. Manfaat tersebut diantaranya sebagai berikut :
• Antrian membuat konsumen tidak perlu berbaris
menunggu untuk dilayani, dan memberikan kepuasan serta kenyamanan kepada
konsumen.
• Antrian secara langsung bermanfaat untuk
meningkatkan bonafilitas perusahaan sekaligus menunjukkan keseriusan juga
profesionalitas dalam menangani konsumen.
• Antrian dapat menjadikan kinerja karyawan lebih
efisien.
Contoh :
Pada jasa perbaikan/service televisi yang berada
di wilayah Kota Bekasi. Dalam melayani pelanggannya, Perusahaan tersebut
menggunakan penjadwalan mundur, artinya pelanggan yang pertama datang akan
dilayani terlebih dahulu (antrean), kemudian bos perusahaan tersebut menentukan
kapan akan diselesaikan pekerjaan tersebut dengan mempertimbangkan kapabilitas
karyawan dan jumlah karyawan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.
Sumber: EKMA4215/Modul
https://tectuskin.blogspot.com/2021/05/berikan-penjelasan-terkait-penjelasan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar