KETIKA KITA MEMBAHAS MENGENAI STRATEGI
DISTRIBUSI DAN MANAJEMEN RANTAI PASOKAN, SELALU MELIBATKAN DUA KOMPONEN
PENTING, YAITU SALURAN PEMASARAN DAN DISTRIBUSI FISIK.
Silahkan Anda Jelaskan Mengapa Dua Hal Tersebut Sangat Penting!
JAWAB :
SALURAN DISTRIBUSI
Saluran distribusi, juga disebut saluran
pemasaran, pada prinsipnya ditujukan untuk membuat barang dan jasa tersedia
bagi konsumen akhir. Saluran pemasaran dapat didefinisikan sebagai berikut.
1.
Sejumlah
organisasi independen yang memudahkan transfer kepemilikan seperti produk
berpindah dari produsen ke pemakai bisnis atau konsumen (McDaniel et al, 2008,
h. 362).
2.
Sebuah
sistem institusi pemasaran yang terorganisasi yang dilalui oleh produk, sumber,
informasi, dana, dan/atau arus kepemilikan produk dari titik produksi ke
pemakai akhir (Ferrell and Hartline, 2008, h. 257).
3.
Semua
bisnis dan orang yang terlibat dalam pergerakan fisik dan pemindahan
kepemilikan barang dan jasa dari produsen ke konsumen (Berman and Evans, 2007,
h. 8).
4.
Sejumlah
lembaga yang memindahkan barang dari titik produksi ke titik konsumsi (Dunne
and Lusch, 2005, h. 140)
Keempat definisi tersebut
memberikan gambaran bahwa saluran distribusi itu merupakan suatu rute atau
jalur dalam bentuk jaringan yang dapat melibatkan lembaga-lembaga lain di luar
produsen untuk mencapai jalinan hubungan dengan konsumen. Obyek dalam saluran
distribusi ini tidak hanya berupa barang tetapi juga dapat berupa jasa, atau
kombinasi antara barang dan jasa. Lembaga-lembaga yang terlibat dalam saluran
distribusi memang lembaga yang mempunyai kepentingan dalam saluran. Ragam
barang dan jasa yang ditangani juga cukup luas. Hubungan-hubungan antar
¯tembaga saluran, baik secara struktural maupun secara dinamis dapat diketahui secara
jelas.
Definisi-definisi
di muka mengandung beberapa unsur pokok. Unsurunsur pokok tersebut antara lain
berikut ini.
1.
Saluran
merupakan sekelompok lembaga yang ada di antara berbagai lembaga yang
mengadakan kerja sama untuk mencapai suatu tujuan.
2.
Karena
anggota-anggota kelompok dapat terdiri atas beberapa lembaga, seperti pedagang
dan agen, maka ada sebagian yang ikut memiliki produk dan sebagian yang lain
tidak. Tidak perlu bagi tiap saluran untuk menggunakan sebuah agen, tetapi pada
prinsipnya setiap saluran sebaiknya melibatkan seorang pedagang. Alasannya
adalah bahwa hanya pedagang saja yang dianggap tepat sebagai pemilik untuk
memindahkan barang. Dalam hal ini, distribusi fisik juga merupakan kegiatan
yang penting.
3.
Tujuan
saluran pemasaran adalah untuk mencapai pasar-pasar atau konsumen-konsumen
tertentu. Jadi, pasar dijadikan sebagai tujuan akhir kegiatan saluran.
4.
Secara
tersirat, saluran pemasaran melaksanakan kegiatan pokok untuk mencapai tujuan
distribusi, yaitu menganalisis, merencanakan, mengorganisasi, dan mengendalikan
saluran distribusi agar dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan.
MENGELOLA
SALURAN PEMASARAN
Mengelola saluran pemasaran
dengan baik akan memudahkan pencapaian tujuan pemasaran. Konsep tentang saluran
pemasaran di sini berorientasi pada keputusan, artinya fungsi-fungsi saluran
tidak dapat dilakukan dengan baik tanpa adanya beberapa strategi. Strategi itu
sendiri merupakan suatu rencana umum atau menyeluruh, sebagai petunjuk untuk
mengambil keputusan dalam kegiatan saluran. Dalam hal ini, strategi mempunyai
hubungan yang erat dengan manajemen saluran baik secara fisik maupun nonfisik.
Oleh Rosenbloom (1999, h. 282) dikemukakan bahwa:
Manajemen saluran merupakan
pengadministrasian saluran-saluran yang ada untuk menjamin kerja sama para anggota
saluran dalam mencapai tujuan distribusi perusahaan.
Definisi tersebut
memperlihatkan adanya tiga unsur pokok, yaitu :
(1) saluran yang ada
(2) menjamin kerja sama
anggota saluran
(3) tujuan distribusi
DISTRIBUSI
FISIK
Distribusi fisik adalah segala kegiatan untuk memindahkan barang dalam
kuantitas tertentu, ke suatu tempat atau wilayah tertentu, dan dalam jangka
waktu tertentu pula. Meliputi masalah pengangkutan barang, penyimpanan barang,
serta pertanggungan resiko yang mungkin akan timbul.
Manajemen
saluran merupakan pengadministrasian saluran-saluran yang ada untuk menjamin
kerja sama para anggota saluran dalam mencapai tujuan distribusi perusahaan.
Tindakan administratif dimaksudkan untuk menjamin adanya kerja sama antar
mereka.
Tujuan distribusi sebagai komponen bauran pemasaran diharapkan dapat
berperan mencapai tujuan pemasaran secara keseluruhan. Setiap perusahaan atau
lembaga lain yang menawarkan barang atau jasa pasti menjumpai perkara
distribusi yang mempunyai peranan penting untuk melayani konsumen.
Sumber : EKMA4216
https://tectuskin.blogspot.com/2021/05/strategi distribusi dan manajemen
rantai pasokan selalu melibatkan dua komponen penting yaitu saluran pemasaran
dan distribusi fisik..html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar