Rabu, 19 Mei 2021

 

KETIKA KITA MEMBAHAS MENGENAI STRATEGI DISTRIBUSI DAN MANAJEMEN RANTAI PASOKAN, SELALU MELIBATKAN DUA KOMPONEN PENTING, YAITU SALURAN PEMASARAN DAN DISTRIBUSI FISIK.

Silahkan Anda Jelaskan Mengapa Dua Hal Tersebut Sangat Penting!

JAWAB :

SALURAN DISTRIBUSI

Saluran distribusi, juga disebut saluran pemasaran, pada prinsipnya ditujukan untuk membuat barang dan jasa tersedia bagi konsumen akhir. Saluran pemasaran dapat didefinisikan sebagai berikut.

1.              Sejumlah organisasi independen yang memudahkan transfer kepemilikan seperti produk berpindah dari produsen ke pemakai bisnis atau konsumen (McDaniel et al, 2008, h. 362).

2.              Sebuah sistem institusi pemasaran yang terorganisasi yang dilalui oleh produk, sumber, informasi, dana, dan/atau arus kepemilikan produk dari titik produksi ke pemakai akhir (Ferrell and Hartline, 2008, h. 257).

3.              Semua bisnis dan orang yang terlibat dalam pergerakan fisik dan pemindahan kepemilikan barang dan jasa dari produsen ke konsumen (Berman and Evans, 2007, h. 8).

4.              Sejumlah lembaga yang memindahkan barang dari titik produksi ke titik konsumsi (Dunne and Lusch, 2005, h. 140)


Keempat definisi tersebut memberikan gambaran bahwa saluran distribusi itu merupakan suatu rute atau jalur dalam bentuk jaringan yang dapat melibatkan lembaga-lembaga lain di luar produsen untuk mencapai jalinan hubungan dengan konsumen. Obyek dalam saluran distribusi ini tidak hanya berupa barang tetapi juga dapat berupa jasa, atau kombinasi antara barang dan jasa. Lembaga-lembaga yang terlibat dalam saluran distribusi memang lembaga yang mempunyai kepentingan dalam saluran. Ragam barang dan jasa yang ditangani juga cukup luas. Hubungan-hubungan antar ¯tembaga saluran, baik secara struktural maupun secara dinamis dapat diketahui secara jelas.

 

Definisi-definisi di muka mengandung beberapa unsur pokok. Unsurunsur pokok tersebut antara lain berikut ini.

1.             Saluran merupakan sekelompok lembaga yang ada di antara berbagai lembaga yang mengadakan kerja sama untuk mencapai suatu tujuan.

2.             Karena anggota-anggota kelompok dapat terdiri atas beberapa lembaga, seperti pedagang dan agen, maka ada sebagian yang ikut memiliki produk dan sebagian yang lain tidak. Tidak perlu bagi tiap saluran untuk menggunakan sebuah agen, tetapi pada prinsipnya setiap saluran sebaiknya melibatkan seorang pedagang. Alasannya adalah bahwa hanya pedagang saja yang dianggap tepat sebagai pemilik untuk memindahkan barang. Dalam hal ini, distribusi fisik juga merupakan kegiatan yang penting.

3.             Tujuan saluran pemasaran adalah untuk mencapai pasar-pasar atau konsumen-konsumen tertentu. Jadi, pasar dijadikan sebagai tujuan akhir kegiatan saluran.

4.             Secara tersirat, saluran pemasaran melaksanakan kegiatan pokok untuk mencapai tujuan distribusi, yaitu menganalisis, merencanakan, mengorganisasi, dan mengendalikan saluran distribusi agar dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan.

MENGELOLA SALURAN PEMASARAN
Mengelola saluran pemasaran dengan baik akan memudahkan pencapaian tujuan pemasaran. Konsep tentang saluran pemasaran di sini berorientasi pada keputusan, artinya fungsi-fungsi saluran tidak dapat dilakukan dengan baik tanpa adanya beberapa strategi. Strategi itu sendiri merupakan suatu rencana umum atau menyeluruh, sebagai petunjuk untuk mengambil keputusan dalam kegiatan saluran. Dalam hal ini, strategi mempunyai hubungan yang erat dengan manajemen saluran baik secara fisik maupun nonfisik. Oleh Rosenbloom (1999, h. 282) dikemukakan bahwa:

Manajemen saluran merupakan pengadministrasian saluran-saluran yang ada untuk menjamin kerja sama para anggota saluran dalam mencapai tujuan distribusi perusahaan.

Definisi tersebut memperlihatkan adanya tiga unsur pokok, yaitu :
(1) saluran yang ada
(2) menjamin kerja sama anggota saluran
(3) tujuan distribusi

DISTRIBUSI FISIK
Distribusi fisik adalah segala kegiatan untuk memindahkan barang dalam kuantitas tertentu, ke suatu tempat atau wilayah tertentu, dan dalam jangka waktu tertentu pula. Meliputi masalah pengangkutan barang, penyimpanan barang, serta pertanggungan resiko yang mungkin akan timbul.

Manajemen saluran merupakan pengadministrasian saluran-saluran yang ada untuk menjamin kerja sama para anggota saluran dalam mencapai tujuan distribusi perusahaan. Tindakan administratif dimaksudkan untuk menjamin adanya kerja sama antar mereka.
Tujuan distribusi sebagai komponen bauran pemasaran diharapkan dapat berperan mencapai tujuan pemasaran secara keseluruhan. Setiap perusahaan atau lembaga lain yang menawarkan barang atau jasa pasti menjumpai perkara distribusi yang mempunyai peranan penting untuk melayani konsumen. 

 

 

Sumber : EKMA4216
https://tectuskin.blogspot.com/2021/05/strategi distribusi dan manajemen rantai pasokan selalu melibatkan dua komponen penting yaitu saluran pemasaran dan distribusi fisik..html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

z
t
r
A
a
k
i
d
n
A