ᴀᴘᴀʙɪʟᴀ ᴀɴᴅᴀ ᴀᴅᴀʟᴀʜ ꜱᴇᴏʀᴀɴɢ ᴍᴀɴᴀᴊᴇʀ ᴏᴘᴇʀᴀꜱɪᴏɴᴀʟ ᴅᴀʀɪ ꜱᴇʙᴜᴀʜ ᴘᴇʀᴜꜱᴀʜᴀᴀɴ ᴊᴀꜱᴀ/ʟᴀʏᴀɴᴀɴ, ꜰᴀᴋᴛᴏʀ ᴀᴘᴀᴋᴀʜ ʏᴀɴɢ ᴀᴋᴀɴ ᴍᴇɴᴊᴀᴅɪ ᴘʀɪᴏʀɪᴛᴀꜱ ᴘᴀʟɪɴɢ ᴜᴛᴀᴍᴀ, ᴅɪ ᴀɴᴛᴀʀᴀ ꜰᴀᴋᴛᴏʀ: ᴋᴇᴅᴇᴋᴀᴛᴀɴ ᴅᴇɴɢᴀɴ ᴘᴇʟᴀɴɢɢᴀɴ, ʙɪᴀʏᴀ ᴛʀᴀɴꜱᴘᴏʀᴛᴀꜱɪ ᴅᴀɴ ᴋᴇᴅᴇᴋᴀᴛᴀɴ ᴅᴇɴɢᴀɴ ᴘᴀꜱᴀʀ, ʟᴏᴋᴀꜱɪ ᴘᴇꜱᴀɪɴɢ, ᴅᴀɴ ꜰᴀᴋᴛᴏʀ-ꜰᴀᴋᴛᴏʀ ᴋʜᴜꜱᴜꜱ ʟᴏᴋᴀꜱɪ.
JAWAB :
Bismillahirrahmanirrahim, Apabila saya menjadi seorang manajer operasional dari sebuah perusahaan jasa/layanan, saya terlebih dahulu mengutamakan faktor khusus lokasi.
Alasannya adalah lokasi perusahaan merupakan aspek penting dan memengaruhi perencanaan strategis perusahaan. Pemilihan lokasi perusahaan yang salah akan berpengaruh pada biaya yang harus dikeluarkan perusahaan. Pemilihan lokasi yang tidak tepat juga sulit dilakukan penggantian. Pada perusahaan jasa atau layanan, pemilihan lokasi perusahaan akan merugikan pelanggan karena waktu yang digunakan pelanggan untuk mendapatkan layanan menjadi lebih lama.
Perusahaan dapat menggunakan berbagai metode untuk memilih lokasi yang paling tepat, baik untuk mendirikan perusahaan baru maupun untuk mengadakan perluasan atau ekspansi perusahaan atau pabrik yang ada. Metode yang dapat digunakan, misalnya metode penilaian faktor, metode titik impas, metode pusat gravitasi, metode muatan-jarak, metode transportasi, dan metode delphi.
Sumber : BMP EKMA421503
Tidak ada komentar:
Posting Komentar