Jumat, 30 April 2021

CONTOH MEREK PRODUK YANG DIANGGAP MEMILIKI KEPRIBADIAN KONSUMEN! JELASKAN MENGAPA DEMIKIAN!

Mempertahankan kepuasan konsumen dari waktu ke waktu akan membina hubungan yang baik dengan konsumen (Barnes, 2003:64). Hal ini dapat meningkatkan keuntungan perusahaan dalam jangka panjang, karena pemasaran bukan semata-mata membuat penjualan terjadi tetapi tentang bagaimana memuaskan konsumen secara terus-menerus. Ketika pelanggan merasa puas, maka penjualan berikutnya akan terjadi secara berlanjut.

Salah satu contoh merek produk yang dianggap memiliki kepribadian konsumen adalah merek smart phone, I phone. Produk ini digadang-gadang mempunyai ciri khas tersendiri dari tampilan maupun user interface yang sederhana. Dalam hal ini, pembeli yang ingin memperolehnya harus mengeluarkan biaya yang tidak murah. 
tidak hanya itu, bagi pengguna I phone, produk ini sangatlah mewah dikalangannya. Biasanya orang yang menggunakan smart phone ini, lebih percaya diri karena produk ini sangat bergengsi.

Alhasil, memakai perangkat dengan lambang apel digigit pun sudah menjadi semacam prestise tersendiri bagi pengguna.
Ditambah lagi, banyak orang terkenal di Hollywood sana yang memakai iPhone. Simbol produk Apple pun gampang dikenali lewat berbagai media, mulai dari Instagram, maupun layar kaca.

 

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN (Kotler dan Armstrong, 2004 : 200 ).


1. FAKTOR BUDAYA

Faktor budaya memiliki pengaruh yang terluas dan terdalam dalam perilaku konsumen. Pemasar perlu memahami peranan yang dimainkan oleh budaya, sub budaya, dan kelas sosial.

1) Budaya

Budaya merupakan penyebab dasar keinginan dan perilaku konsumen.

2) Sub Budaya

Sub budaya adalah kelompok orang yang memiliki sistem nilai yang sama berdasarkan pengalaman dan situasi kehidupan yang serupa.

3) Kelas Sosial

Kelas sosial adalah pembagian kelompok masyarakat yang relatif permanen dan relatif teratur dimana anggota-anggotanya memiliki nilai, minat, dan perilaku yang serupa.

 

2. FAKTOR SOSIAL

Perilaku konsumen juga dipengaruhi oleh faktor sosial, seperti kelompok kecil, keluarga, peran sosial, dan status yang melingkupi konsumen tersebut.

1) Kelompok

Sikap dan perilaku konsumen banyak dipengaruhi oleh kelompokkelompok kecil, baik itu secara langsung maupun tidak langsung.

2) Keluarga

Keluarga merupakan kelompok yang paling kecil dalam struktur kehidupan masyarakat yang perlu diketahui karakteristik dan sifatsifatnya oleh perusahaan atau pemasar, karena keluarga dapat memberikan pengaruh yang kuat terhadap pembeli.

3) Peran dan Status Sosial

Sebuah peran terdiri dari sejumlah aktivitas yang diharapkan untuk dilakukan menurut orang lain yang ada di sekitarnya.

 

3. FAKTOR PRIBADI

1) Umur dan tahap siklus hidup, ini akan mempengaruhi selera dan konsumsi seseorang.

2) Pekerjaan hal ini akan mempengaruhi barang dan jasa yang akan dibeli.

3) Situasi Ekonomi. Lingkungan ekonomi seseorang akan sangat berpengaruh terhadap  barang dan jasa yang dipertimbangkan dan dibeli oleh mereka.

4) Gaya Hidup

Gaya hidup adalah pola hidup seseorang yang tergambarkan pada kegiatan dan pendapat.

5) Kepribadian dan Konsep Diri. Kepribadian ini adalah karakteristik psikologis yang berbeda dari setiap orang yang memandang responnya terhadap lingkungan yang relatif konsisten.

 

4. FAKTOR PSIKOLOGIS

Pilihan pembelian dipengaruhi oleh empat faktor psikologis utama yaitu motivasi, persepsi pembelajaran, serta kepercayaan dan sikap.

1) Motivasi

Suatu motif (dorongan) adalah suatu kebutuhan yang cukup untuk mendorong seseorang untuk bertindak.

2) Persepsi

Persepsi adalah proses menyeleksi, mengatur, dan menginterpretasikan informasi guna membentuk gambaran yang berarti tentang dunia.

3) Pembelajaran

Saat seseorang bertindak, mereka belajar. Pembelajaran menunjukkan

4) Keyakinan dan Sikap

Melalui bertindak dan belajar, orang-orang memperoleh kepercayaan dan pendirian yang kemudian mempengaruhi perilaku pembelian mereka perubahan perilaku seseorang karena pengalaman.


Sumber : BMP EKMA4216
https://www.merdeka.com/teknologi/7-alasan-orang-lebih-memilih-iphone-daripada-android.html
https://tectuskin.blogspot.com/2021/04/contoh-merek-produk-yangdianggap.html

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar