CONTOH MEREK PRODUK YANG DIANGGAP MEMILIKI KEPRIBADIAN KONSUMEN! JELASKAN MENGAPA DEMIKIAN!
Mempertahankan
kepuasan konsumen dari waktu ke waktu akan membina hubungan yang baik dengan
konsumen (Barnes, 2003:64). Hal ini dapat meningkatkan keuntungan perusahaan
dalam jangka panjang, karena pemasaran bukan semata-mata membuat penjualan
terjadi tetapi tentang bagaimana memuaskan konsumen secara terus-menerus.
Ketika pelanggan merasa puas, maka penjualan berikutnya akan terjadi secara
berlanjut.
Salah satu contoh merek produk yang dianggap memiliki kepribadian konsumen
adalah merek smart phone, I phone. Produk ini digadang-gadang
mempunyai ciri khas tersendiri dari tampilan maupun user interface yang
sederhana. Dalam hal ini, pembeli yang ingin memperolehnya harus
mengeluarkan biaya yang tidak murah.
tidak hanya itu, bagi pengguna I phone, produk ini sangatlah mewah
dikalangannya. Biasanya orang yang menggunakan smart phone ini, lebih percaya
diri karena produk ini sangat bergengsi.
Alhasil,
memakai perangkat dengan lambang apel digigit pun sudah menjadi semacam prestise
tersendiri bagi pengguna.
Ditambah lagi, banyak orang terkenal di Hollywood sana yang memakai iPhone.
Simbol produk Apple pun gampang dikenali lewat berbagai media, mulai dari
Instagram, maupun layar kaca.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN (Kotler
dan Armstrong, 2004 : 200 ).
1. FAKTOR
BUDAYA
Faktor budaya memiliki
pengaruh yang terluas dan terdalam dalam perilaku konsumen. Pemasar perlu
memahami peranan yang dimainkan oleh budaya, sub budaya, dan kelas sosial.
1) Budaya
Budaya merupakan penyebab
dasar keinginan dan perilaku konsumen.
2) Sub Budaya
Sub budaya adalah kelompok
orang yang memiliki sistem nilai yang sama berdasarkan pengalaman dan situasi
kehidupan yang serupa.
3) Kelas Sosial
Kelas sosial adalah
pembagian kelompok masyarakat yang relatif permanen dan relatif teratur dimana
anggota-anggotanya memiliki nilai, minat, dan perilaku yang serupa.
2. FAKTOR
SOSIAL
Perilaku konsumen juga
dipengaruhi oleh faktor sosial, seperti kelompok kecil, keluarga, peran sosial,
dan status yang melingkupi konsumen tersebut.
1) Kelompok
Sikap dan perilaku konsumen
banyak dipengaruhi oleh kelompokkelompok kecil, baik itu secara langsung maupun
tidak langsung.
2) Keluarga
Keluarga merupakan kelompok
yang paling kecil dalam struktur kehidupan masyarakat yang perlu diketahui
karakteristik dan sifatsifatnya oleh perusahaan atau pemasar, karena keluarga
dapat memberikan pengaruh yang kuat terhadap pembeli.
3) Peran dan Status Sosial
Sebuah peran terdiri dari
sejumlah aktivitas yang diharapkan untuk dilakukan menurut orang lain yang ada
di sekitarnya.
3. FAKTOR
PRIBADI
1) Umur dan tahap siklus
hidup, ini akan mempengaruhi selera dan konsumsi seseorang.
2) Pekerjaan hal ini akan
mempengaruhi barang dan jasa yang akan dibeli.
3) Situasi Ekonomi.
Lingkungan ekonomi seseorang akan sangat berpengaruh terhadap barang dan
jasa yang dipertimbangkan dan dibeli oleh mereka.
4) Gaya Hidup
Gaya hidup adalah pola
hidup seseorang yang tergambarkan pada kegiatan dan pendapat.
5) Kepribadian dan Konsep
Diri. Kepribadian ini adalah karakteristik psikologis yang berbeda dari setiap
orang yang memandang responnya terhadap lingkungan yang relatif konsisten.
4. FAKTOR
PSIKOLOGIS
Pilihan pembelian
dipengaruhi oleh empat faktor psikologis utama yaitu motivasi, persepsi
pembelajaran, serta kepercayaan dan sikap.
1) Motivasi
Suatu motif (dorongan)
adalah suatu kebutuhan yang cukup untuk mendorong seseorang untuk bertindak.
2) Persepsi
Persepsi adalah proses
menyeleksi, mengatur, dan menginterpretasikan informasi guna membentuk gambaran
yang berarti tentang dunia.
3) Pembelajaran
Saat seseorang bertindak,
mereka belajar. Pembelajaran menunjukkan
4) Keyakinan dan Sikap
Melalui bertindak dan
belajar, orang-orang memperoleh kepercayaan dan pendirian yang kemudian
mempengaruhi perilaku pembelian mereka perubahan perilaku seseorang karena
pengalaman.
Sumber : BMP EKMA4216
https://www.merdeka.com/teknologi/7-alasan-orang-lebih-memilih-iphone-daripada-android.html
https://tectuskin.blogspot.com/2021/04/contoh-merek-produk-yangdianggap.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar