Senin, 26 April 2021

Jelaskan pengetian dari positioning (pemosisian) dan jelaskan bagaimana cara untuk mencapainya. Analisis proses pemosisian yang dilakukan oleh merek berikut: Whatsapp, Twitter, dan Coca-Cola. Kemukakan pendapat anda disertai dengan konsep pemasaran yang telah anda pelajari. Jangan lupa untuk cantumkan sumber referensi secara lengkap.

 

1. JELASKAN PENGERTIAN DARI POSITIONING (PEMOSISIAN) DAN JELASKAN BAGAIMANA CARA UNTUK MENCAPAINYA

    Istilah pemosisian produk (product positioning) ini merupakan gabungan antara pembedaan produk dengan segmentasi pasar. Pemosisian produk lebih menitikberatkan pada persepsi dan preferensi pembeli mengenai suatu produk atau merek yang ada di pasar tertentu.

    Menurut Ferrel dan Hartkine (2008, p. 202), pemosisian produk adalah pembentukan citra mental tawaran produk dan pembedaan fiturnya di benak pasar, sasaran dapat juga pemosisian diartikan sebagai penempatan sebuah merek di bagian dari suatu pasar di mana merek tersebut akan mendapatkan sambutan positif dibanding produk-produk saingan (Jain, 1997, p. 345). Pemosisian mengatakan apa arti produk itu, seperti apa produk itu, dan bagaimana pelanggan harus mengevaluasinya.

    Dalam kaitan dengan strategi, produk yang ditawarkan harus cocok dengan segmen pasar yang dituju supaya berhasil. Ini mengingat bahwa pasar itu bersifat heterogen sehingga tidak mungkin satu merek dapat berdampak pada semua pasar. Jadi, untuk melakukan pemosisian, perusahaan menggunakan variabel-variabel bauran pemasaran, khususnya disain dan komunikasi.


2. ANALISIS PROSES PEMOSISIAN YANG DILAKUKAN OLEH MEREK BERIKUT: WHATSAPP, TWITTER, DAN COCA-COLA

WHATSAPP

    Adalah sebagai media perpesanan online. Yang mana anda tidak akan membutuhkan pulsa untuk menggunakannya, melainkan berdasarkan penggunaan kuota internet. Memang fakta mengenai Whatsapp sempat menggemparkan dengan diambil alihnya aplikasi ini oleh Facebook. Tentunya hampir semua orang sudah memahami jika banyak fitur pada Whatsapp yang cukup menarik, sebagai salah satu platform untuk perpesanan online. Dimana anda bisa mengirim dan menerima teks pesan, foto, file, gambar, dan audio pada pengguna lainnya. Bahkan saat ini Whatsapp juga sudah didukung dengan fitur video call, yang membolehkan anda untuk menelepon sambil bertatap muka.

TWITTER

    Adalah layanan jejaring sosial atau bisa juga dibilang mikroblog daring yang memungkinkan pengguna untuk mengirim, membaca, dan membalas pesan teks hingga 280 karakter (dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Di Twitter, pengguna yang tidak terdaftar hanya dapat membaca kicauan (tweet) pengguna lain, sedangkan pengguna terdaftar bisa menulis, membagikan, dan menyukai kicauan (tweet) melalui user interface situs web dan aplikasi smartphone Android dan iOS (iPhone). Kicauan (tweet) diartikan ketika pengguna menulis dan membagikan tulisan (postingan). Sedangkan retweet diartikan membagikan tulisan pengguna lain ke beranda profil kita. Twitter banyak dimanfaatkan sebagai media kampanye politik dengan mendukung pasangan tertentu atau bahkan merendahkan pasangan lain, dijadikan sebagai sarana protes, sarana pembelajaran, hingga media komunikasi darurat.

COCA-COLA

    Coca-Cola memposisikan diri sebagai minuman menyegarkan penghilang dahaga. Hal ini sudah terkenal di masyarakat bahwa coca-cola merupakan perusahaan yang menghasilkan minuman ringan. Dengan adanya image tersebut maka penjualan dari produk akan semakin mudah. Selalu berusaha memberikan kesegaran pada konsumen melalui produk produk yang di tawarkan. Coca Cola juga melakukan berbagai kegiatan promosi untuk mendukung positioning Coca Cola yaitu memberikan “kesegaran” bagi konsumen. Menghadapi pasar yang unik dan heterogen, merek global harus cermat menyeimbangkan antara global standardization dan local customization.

Sumber Referensi : EKMA4216
https://tectuskin.blogspot.com/2021/04/jelaskan-pengetian-dari-positioning.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar