1. JELASKAN PENGERTIAN DARI POSITIONING (PEMOSISIAN) DAN
JELASKAN BAGAIMANA CARA UNTUK MENCAPAINYA
Istilah
pemosisian produk (product positioning) ini merupakan gabungan antara pembedaan
produk dengan segmentasi pasar. Pemosisian produk lebih menitikberatkan pada
persepsi dan preferensi pembeli mengenai suatu produk atau merek yang ada di
pasar tertentu.
Menurut
Ferrel dan Hartkine (2008, p. 202), pemosisian produk adalah pembentukan citra
mental tawaran produk dan pembedaan fiturnya di benak pasar, sasaran dapat juga
pemosisian diartikan sebagai penempatan sebuah merek di bagian dari suatu pasar
di mana merek tersebut akan mendapatkan sambutan positif dibanding
produk-produk saingan (Jain, 1997, p. 345). Pemosisian mengatakan apa arti
produk itu, seperti apa produk itu, dan bagaimana pelanggan harus
mengevaluasinya.
Dalam
kaitan dengan strategi, produk yang ditawarkan harus cocok dengan segmen pasar
yang dituju supaya berhasil. Ini mengingat bahwa pasar itu bersifat heterogen
sehingga tidak mungkin satu merek dapat berdampak pada semua pasar. Jadi, untuk
melakukan pemosisian, perusahaan menggunakan variabel-variabel bauran
pemasaran, khususnya disain dan komunikasi.
2. ANALISIS PROSES PEMOSISIAN YANG DILAKUKAN OLEH MEREK
BERIKUT: WHATSAPP, TWITTER, DAN COCA-COLA
• WHATSAPP
Adalah sebagai media perpesanan online.
Yang mana anda tidak akan membutuhkan pulsa untuk menggunakannya, melainkan
berdasarkan penggunaan kuota internet. Memang fakta mengenai Whatsapp sempat
menggemparkan dengan diambil alihnya aplikasi ini oleh Facebook. Tentunya
hampir semua orang sudah memahami jika banyak fitur pada Whatsapp yang cukup
menarik, sebagai salah satu platform untuk perpesanan online. Dimana anda bisa
mengirim dan menerima teks pesan, foto, file, gambar, dan audio pada pengguna
lainnya. Bahkan saat ini Whatsapp juga sudah didukung dengan fitur video call,
yang membolehkan anda untuk menelepon sambil bertatap muka.
• TWITTER
Adalah layanan jejaring sosial atau bisa
juga dibilang mikroblog daring yang memungkinkan pengguna untuk mengirim,
membaca, dan membalas pesan teks hingga 280 karakter (dikenal dengan sebutan
kicauan (tweet). Di Twitter, pengguna yang tidak terdaftar hanya dapat membaca
kicauan (tweet) pengguna lain, sedangkan pengguna terdaftar bisa menulis,
membagikan, dan menyukai kicauan (tweet) melalui user interface situs web dan
aplikasi smartphone Android dan iOS (iPhone). Kicauan (tweet) diartikan ketika
pengguna menulis dan membagikan tulisan (postingan). Sedangkan retweet
diartikan membagikan tulisan pengguna lain ke beranda profil kita. Twitter
banyak dimanfaatkan sebagai media kampanye politik dengan mendukung pasangan
tertentu atau bahkan merendahkan pasangan lain, dijadikan sebagai sarana
protes, sarana pembelajaran, hingga media komunikasi darurat.
• COCA-COLA
Coca-Cola memposisikan diri sebagai minuman
menyegarkan penghilang dahaga. Hal ini sudah terkenal di masyarakat bahwa
coca-cola merupakan perusahaan yang menghasilkan minuman ringan. Dengan adanya
image tersebut maka penjualan dari produk akan semakin mudah. Selalu berusaha
memberikan kesegaran pada konsumen melalui produk produk yang di tawarkan. Coca
Cola juga melakukan berbagai kegiatan promosi untuk mendukung positioning Coca
Cola yaitu memberikan “kesegaran” bagi konsumen. Menghadapi pasar yang unik dan
heterogen, merek global harus cermat menyeimbangkan antara global
standardization dan local customization.
Sumber Referensi : EKMA4216
https://tectuskin.blogspot.com/2021/04/jelaskan-pengetian-dari-positioning.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar