Jumat, 22 Oktober 2021

DAMPAK COVID 19 DAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4,0 DALAM KAITANNYA DENGAN PROSES PELAYANAN JASA “FRITZSIMMONS”

JELASKAN PENDAPAT SAUDARA MENGENAI DAMPAK COVID 19 DAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4,0  DALAM KAITANNYA DENGAN PROSES PELAYANAN JASA. TOLONG DIKAJI DENGAN MELIHAT MATRIK INTERAKSI LAYANAN JASA “FRITZSIMMONS”

 

REVOLUSI INDUSTRI 4.0 mengintregasikan antara teknologi cyber dan teknologi otomatisasi. Dampak era revolusi industri 4.0 adalah dalam penerapannya tidak lagi memberdayakan tenaga kerja manusia, sebab semuanya sudah menerapkan konsep otomatisasi.

Dengan demikian tingkat efektifitas dan efisiensi waktu bisa meningkat. Dimana waktu merupakan hal vital dalam dunia industri. Disamping manfaat revolusi industri 4.0 terhadap bidang prindustrian, manfaat teknologi juga bisa dirasakan oleh semua orang. Saat ini akses informasi sangat mudah dan bisa dilakukan kapan dan di mana saja dengan adanya jaringan internet.

 

WABAH COVID-19 mengeksploitasi kekurangan sektor jasa, yaitu mobilitas. Berbeda dengan sektor ekstraktif dan manufaktur, sektor jasa cenderung sulit untuk berpindah dan diperdagangkan. Salah satunya untuk menjual barang manufaktur hasil produksi di Vietnam, Anda cukup menaruhnya ke dalam kontainer, dan barang produksi tersebut dapat dikonsumsi di seluruh dunia. Sedangkan konsumsi jasa sangat identik dengan interaksi langsung antara penyedia-konsumen.

 

Dalam Matriks Pelayanan “Fritzsimmons” diklasifikasikan ke dalam dua dimensi yang berpengaruh pada proses penyampaian pelayanan.

Dimensi Vertikal
Mengukur tingkat intensitas karyawan yang didefinisikan sebagai rasio biaya tenaga kerja dengan biaya modal. Perusahaan penerbangan dan rumah sakit lebih memperhatikan investasi di peralatan dibandingkan karyawan, sedang lembaga pendidikan termasuk yang lebih memperhatikan biaya karyawan yang lebih tinggi dibanding modal.

 

Dimensi Horizontal

Mengukur tingkat interaksi pelanggan dengan penyedia jasa. Interaksi yang rendah antara pelanggan dengan penyedia jasa dibutuhkan bila jasa atau pelayanan terstandarisasi.

 

Dampak COVID 19 dan era Revolusi Industri 4,0 dalam kaitannya dengan Proses Pelayanan Jasa dikaji melalui matrik interaksi layanan jasa “Fritzsimmons”.

 

Digitalsasi pada masa Covid 19 dan era RI 4,0. Pada era digital, sektor jasa terbagi dalam dua peran utama, yaitu enablers dan adaptasi. Sektor jasa, seperti jasa telekomunikasi berperan sebagai enabler proses digitalisasi. Dengan Covid 19 dalam 4-5 tahun kedepan, sebagian Perusahaan diprediksi akan mendigitalkan seluruh bisnis prosesnya. Baik secara horizontal (dari semua divisi atau unit) maupun secara vertikal (dari jenjang bawah sampai atas). Dalam hal ini, perusahaan dalam jasa telekomunikasi memiliki bergerak dalam dua bidang, yaitu infrastruktur fisik dan digital. Infrastruktur fisik contohnya pengembangan jaringan serat optik sebagai penunjang jaringan digital. Sedangkan infrastruktur digital dalam hal ini berbentuk aplikasi (platform digital) ataupun layanan web (seperti komputasi awan).

Kedua, yaitu adaptasi proses layanan jasa. Sejumlah jasa mencoba beradaptasi, baik dengan mengubah layanan dalam bentuk digital, maupun menjadikan digital platform sebagai sarana penjualan produk. Sektor jasa seperti pendidikan dan kesehatan saat ini mengubah bentuk layanan dalam bentuk digital. Selain kursus online, layanan health-tech juga semakin berkembang.

 

Sumber :

BMP EKMA4369
https://news.detik.com/kolom/d-5131305/sektor-jasa-pasca-corona
https://idcloudhost.com/mengenal-apa-itu-era-revolusi-industri-4-0-dampak-dan-mengatasinya/
https://www.dictio.id/t/apa-saja-klasifikasi-jasa-atau-layanan/13935/2

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

z
t
r
A
a
k
i
d
n
A