JELASKAN PENDAPAT SAUDARA MENGENAI DAMPAK COVID 19 DAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4,0 DALAM KAITANNYA DENGAN PROSES PELAYANAN JASA. TOLONG DIKAJI DENGAN MELIHAT MATRIK INTERAKSI LAYANAN JASA “FRITZSIMMONS”
REVOLUSI
INDUSTRI 4.0 mengintregasikan antara teknologi cyber dan
teknologi otomatisasi. Dampak era revolusi industri 4.0 adalah dalam
penerapannya tidak lagi memberdayakan tenaga kerja manusia, sebab semuanya
sudah menerapkan konsep otomatisasi.
Dengan demikian tingkat efektifitas dan efisiensi waktu
bisa meningkat. Dimana waktu merupakan hal vital dalam dunia industri.
Disamping manfaat revolusi industri 4.0 terhadap bidang prindustrian, manfaat
teknologi juga bisa dirasakan oleh semua orang. Saat ini akses informasi sangat
mudah dan bisa dilakukan kapan dan di mana saja dengan adanya jaringan internet.
WABAH COVID-19 mengeksploitasi kekurangan
sektor jasa, yaitu mobilitas. Berbeda dengan sektor ekstraktif dan
manufaktur, sektor jasa cenderung sulit untuk berpindah dan diperdagangkan.
Salah satunya untuk menjual barang manufaktur hasil produksi di Vietnam, Anda
cukup menaruhnya ke dalam kontainer, dan barang produksi tersebut dapat dikonsumsi
di seluruh dunia. Sedangkan konsumsi jasa sangat identik dengan interaksi
langsung antara penyedia-konsumen.
Dalam Matriks Pelayanan “Fritzsimmons” diklasifikasikan ke dalam dua
dimensi yang berpengaruh pada proses penyampaian pelayanan.
Dimensi Vertikal
Mengukur tingkat intensitas karyawan yang didefinisikan sebagai rasio biaya
tenaga kerja dengan biaya modal. Perusahaan penerbangan dan rumah sakit lebih
memperhatikan investasi di peralatan dibandingkan karyawan, sedang lembaga
pendidikan termasuk yang lebih memperhatikan biaya karyawan yang lebih tinggi
dibanding modal.
Dimensi Horizontal
Mengukur tingkat interaksi pelanggan dengan
penyedia jasa. Interaksi yang rendah antara pelanggan dengan penyedia jasa
dibutuhkan bila jasa atau pelayanan terstandarisasi.
Dampak COVID 19 dan era
Revolusi Industri 4,0 dalam kaitannya dengan Proses Pelayanan Jasa dikaji melalui
matrik interaksi layanan jasa “Fritzsimmons”.
Digitalsasi pada masa Covid
19 dan era RI 4,0. Pada era digital, sektor jasa terbagi dalam dua peran utama,
yaitu enablers dan adaptasi. Sektor jasa, seperti jasa telekomunikasi berperan
sebagai enabler proses digitalisasi. Dengan Covid 19 dalam 4-5 tahun kedepan,
sebagian Perusahaan diprediksi akan mendigitalkan seluruh bisnis prosesnya.
Baik secara horizontal (dari semua divisi atau unit) maupun secara vertikal
(dari jenjang bawah sampai atas). Dalam hal ini, perusahaan dalam jasa
telekomunikasi memiliki bergerak dalam dua bidang, yaitu infrastruktur fisik
dan digital. Infrastruktur fisik contohnya pengembangan jaringan serat optik
sebagai penunjang jaringan digital. Sedangkan infrastruktur digital dalam hal
ini berbentuk aplikasi (platform digital) ataupun layanan web (seperti
komputasi awan).
Kedua, yaitu adaptasi proses
layanan jasa. Sejumlah jasa mencoba beradaptasi, baik dengan mengubah layanan
dalam bentuk digital, maupun menjadikan digital platform sebagai sarana
penjualan produk. Sektor jasa seperti pendidikan dan kesehatan saat ini
mengubah bentuk layanan dalam bentuk digital. Selain kursus online, layanan
health-tech juga semakin berkembang.
Sumber
:
BMP EKMA4369
https://news.detik.com/kolom/d-5131305/sektor-jasa-pasca-corona
https://idcloudhost.com/mengenal-apa-itu-era-revolusi-industri-4-0-dampak-dan-mengatasinya/
https://www.dictio.id/t/apa-saja-klasifikasi-jasa-atau-layanan/13935/2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar